tes
SELAMAT DATANG DI APLIKASI PAKAIDONK, MOHON PENGGUNA MEMBACA DAN MEMAHAMI SYARAT DAN KETENTUAN KAMI DENGAN SEKSAMA SEBELUM MENGUNDUH APLIKASI ATAU MENGGUNAKAN LAYANAN KAMI UNTUK PERTAMA KALI-NYA

Pakaidonk adalah aplikasi uang elektronik yang dapat digunakan untuk beragam transaksi yang anda butuhkan melalui smartphone dengan basis operasional android. Pakaidonk menyediakan kemudahan, kepraktisan dan kecepatan serta keamanan dalam bertransaksi.

Pada saat anda mengunduh aplikasi Pakaidonk, anda mengakui dan menyetujui bahwa anda telah membaca dengan teliti, memahami, menerima dan menyetujui seluruh Syarat dan Ketentuan yang akan berlaku sebagai perjanjian antara anda dengan PT Pakai Donk Nusantara, beserta rekanan PT Pakai Donk Nusantara yang tergabung dalam layanan aplikasi ini.

Pakaidonk memberikan layanan yang sangat beragam, sehingga kami mencantumkan atau memberlakukan Syarat dan Ketentuan tambahan untuk keperluan layanan tertentu, dimana persyaratan tambahan tersebut merupakan bagian tak terpisahkan dari layanan kami yang tunduk dan terikat dengan Syarat dan Ketentuan ini. Kami berhak dari waktu ke waktu mengubah, menambah, mengurangi, mengganti, menyesuaikan, dan/atau memodifikasi Syarat dan Ketentuan (baik sebagian ataupun seluruhnya). Syarat dan Ketentuan ini berlaku terhadap anda maupun atas transaksi atau atas penggunaan layanan oleh atau melalui akun anda dimanapun anda berada.

Jika anda melanjutkan untuk menggunakan Pakaidonk setelah membaca Syarat dan Ketentuan ini (termasuk pada perubahannya), anda dianggap telah menyetujui Syarat dan Ketentuan ini dan dapat menggunakan Pakaidonk.


A. DEFINISI

  1. PAKAIDONK adalah aplikasi layanan uang elektronik berbasis server yang diselenggarakan oleh PT Pakai Donk Nusantara.
  2. AKUN atau AKUN PENGGUNA adalah rekening uang elektronik yang dibuka oleh Pengguna berdasarkan permintaan pendaftaran Pengguna.
  3. DATA adalah setiap data, informasi dan/atau keterangan dalam bentuk apapun yang dari waktu ke waktu (termasuk informasi pada saat Pengguna mengunduh (download) Aplikasi) yang Pengguna sampaikan kepada Kami atau informasi yang Pengguna cantumkan atau sampaikan dalam, pada atau melalui Pakaidonk.
  4. KAMI adalah PT Pakai Donk Nusantara (Pakaidonk).
  5. PENGGUNA adalah pengguna Pakaidonk atau pemilik Akun Pakaidonk.
  6. KLASIFIKASI PENGGUNA adalah tipe-golongan Pengguna Pakaidonk yaitu :
    1. Pengguna unregistered (REGULER) adalah klasifikasi pengguna Pakaidonk yang belum melakukan verifikasi data.
    2. Pengguna registered (DIAMOND) adalah klasifikasi pengguna Pakaidonk yang sudah melakukan verifikasi data.
  7. LAYANAN PAKAIDONK adalah setiap layanan, program, jasa, produk, fitur, sistem, fasilitas dan/atau jasa yang disediakan dan/atau ditawarkan Kami dalam atau melalui Pakaidonk.
  8. PENYEDIA LAYANAN adalah satu atau lebih pihak yang ditunjuk oleh Kami atau yang memiliki kerjasama dengan Kami untuk penyediaan, pengoperasioan dan/atau pengelolaan Pakaidonk dan/atau Layanan.
  9. ATM, Menu yang akan mempermudah pengguna dalam melakukan berbagai transaksi dengan menggunakan dana dari saldo Pakaidonk, menu ini menampilkan beberapa sub menu sebagai berikut :
    1. Saldo
    2. Brankas
    3. Ganti PIN
    4. PAY DONK
    5. Top Up
    6. Transfer Pakaidonk
    7. Transfer Bank
    8. Akun Virtual
  10. SALDO adalah saldo uang elektronik yang bernilai sama dengan uang tunai, dimana tersimpan dalam Akun Pakaidonk. Saldo uang elektronik dapat digunakan oleh Pengguna dalam melakukan transaksi apapun dengan menggunakan Pakaidonk.
  11. BRANKAS adalah Menu bagi pengguna Pakaidonk level Diamond yang menjadi merchant Pakaidonk untuk menampung saldo merchant dari hasil transaksi penjualan barang/jasa. Saldo Brankas hanya bisa dicairkan ke rekening bank yang sudah didaftarkan melalui aplikasi Pakaidonk.
  12. GANTI PIN adalah Menu yang digunakan untuk melakukan penggantian PIN secara berkala untuk keamanan pengguna.
  13. PAY DONK adalah Fitur pembayaran untuk instansi atau badan hukum yang bekerjasama dengan Pakaidonk menggunakan saldo Pakaidonk. Instansi/badan hukum yang akan bekerjasama harus terdaftar sebagai pengguna Pakaidonk level Diamond dan mendaftar sebagai instansi/badan hukum tempat membayar. Pembayaran menggunakan PAY DONK akan dikenakan biaya. Selama masa promo biayanya adalah gratis.
  14. TOP UP adalah Menu untuk melakukan proses top up. Top up bisa dilakukan melalui beberapa bank yang disediakan oleh Pakaidonk dan bisa juga melalui merchant yang tersedia sehingga akan mempermudah pengguna dalam melakukan top up.
  15. TRANSFER PAKAIDONK adalah Menu yang memudahan pengguna untuk mentransfer saldo Pakaidonk yang dimiliki ke sesama pengguna Pakaidonk yang dikehendaki tanpa dikenakan biaya (GRATIS).
  16. TRANSFER BANK adalah Menu yang memberikan kemudahan kepada pengguna untuk melakukan transfer dari saldo Pakaidonk yang dimiliki ke rekening bank yang dikehendaki pengguna pada bank-bank yang disediakan Pakaidonk.
  17. EDC, Menu yang hanya dapat digunakan oleh pengguna level diamond yang menjadi merchant pakaidonk, sebagai penerima transaksi bagi merchant (penyedia barang/ jasa) dimana dana akan masuk ke saldo brankas merchant.
  18. QR-ku, Menu untuk menampilkan QR code pengguna, bisa digunakan untuk transaksi langsung sesama pengguna Pakaidonk.
  19. Layanan pembayaran dan pembelian (PPOB) :
    1. Telepon, Menu untuk melakukan pembayaran tagihan telepon pascabayar dan pembelian voucher prabayar all operator.
    2. Listrik, Menu untuk melakukan pembayaran tagihan listrik pascabayar dan pembelian token listrik.
    3. Air, Menu untuk melakukan pembayaran tagihan air (PDAM) di wilayah Indonesia.
    4. Tagihan, Menu untuk melakukan pembayaran tagihan kartu kredit, leasing, BPJS kesehatan dll.
  20. INFORMASI KURS adalah Menu yang menghubungkan antara pengguna dengan merchant / penyedia jasa tertentu dengan prioritas merchant yang berada di radius terdekat dari posisi pengguna.
  21. INFORMASI adalah Menu yang dapat digunakan pengguna untuk mencari informasi mengenai kontak dan lokasi penting di sekitar pengguna. Kategori dalam informasi antara lain : ATM , SPBU , Tempat Ibadah , Layanan Umum , Pasar Tradisional , Transportasi.
  22. MERCHANT adalah penjual barang dan/atau jasa yang menerima transaksi pembayaran dari Pengguna melalui Pakaidonk. Meliputi :
    1. RAGAM, Menu untuk melakukan pembayaran tagihan telepon pascabayar dan pembelian voucher prabayar all operator.
    2. MALL, adalah menu untuk berbelanja di merchant toko yang bekerjasama dengan pakaidonk di radius tertentu dari pengguna pakaidonk. Nama toko, alamat, harga dan stok barang yang dijual akan tampil beserta cara pembayarannya.
    3. PAY DONK MERCHANT, yaitu merchant untuk pembayaran ke instansi yang bekerjasama dengan pakaidonk dengan menggunakan saldo pakaidonk.
  23. ONE-TIME TRANSACTION PASSWORD (OTP) berarti password dinamis yang dikirimkan ke nomor ponsel (handphone) Pengguna yang bertujuan untuk mengamankan Akun dari penyalahgunaan tanpa sepengetahuan Pengguna dengan cara mengirimkan notifikasi ke ponsel (handphone) Pengguna untuk meminta persetujuan.
  24. PIN (Personal Identification Number) adalah kumpulan dari karakter-karakter yang digunakan oleh Pengguna untuk mendukung verifikasi identitas Pengguna dalam system keamanan.
  25. SISTEM berarti seluruh sistem, perangkat (baik hardware maupun software), jaringan, server, koneksi (termasuk koneksi internet), keterhubungan, infrastruktur serta perangkat, sarana dan prasarana lainnya yang dibangun, dibuat, dikelola dan/atau dioperasikan untuk penggunaan dan/atau penyediaan Aplikasi dan Layanan Pakaidonk.
  26. SYARAT DAN KETENTUAN berarti Syarat dan Ketentuan ini berikut setiap perubahan, penambahan, penggantian, penyesuaian dan/atau modifikasinya yang dibuat dari waktu ke waktu.
  27. TRANSAKSI berarti segala transaksi, kegiatan, aktivitas dan/atau aksi yang dilakukan dalam atau melalui Pakaidonk, Akun dan/atau PIN termasuk penggunaan Layanan atau fiturfitur tertentu dalam Pakaidonk.
  28. KODE B.O.S (Beneficial Owner System) adalah sebuah sistem yang memberikan peluang bagi pengguna untuk mendapatkan manfaat tak terbatas dengan cara mereferensikan orang lain untuk mendaftar menjadi pengguna Pakaidonk dan menyertakan kode B.O.S yang anda miliki. Kode B.O.S adalah kode unik yang anda dapatkan ketika anda sudah mendaftar menjadi pengguna Pakaidonk. Keuntungan yang didapatkan oleh pemilik kode B.O.S adalah setiap pengguna yang mendaftar dengan kode B.O.S anda, maka anda mendapatkan bonus atas transaksi pembelian dan pembayaran (PPOB) dan transfer ke akun bank yang akan direkapitulasi dan diberikan setiap tanggal 1 dan 15 pada bulan berikutnya ke saldo uang elektronik pakaidonk.
  29. PENUTUPAN AKUN adalah proses penutupan akun Pengguna berdasarkan permintaan Pengguna.

B. KETENTUAN UMUM

  1. Pakaidonk merupakan layanan uang elektronik berbasis mobile yang dapat digunakan oleh pengguna melalui ponsel pintar (handphone).
  2. Untuk mengakses layanan Pakaidonk, Pengguna harus mengunduh (download) dan melakukan instalasi Aplikasi Pakaidonk pada ponsel pintar (handphone) serta melakukan aktivasi melalui Aplikasi Pakaidonk.
  3. Setiap nomor ponsel (nomor handphone) hanya dapat digunakan untuk 1 (satu) akun Pakaidonk.
  4. Pengguna Unregistered adalah Pengguna yang belum melakukan verifikasi, sedangkan Pengguna Registered (Diamond) adalah Pengguna yang sudah melakukan verifikasi. Verifikasi dapat dilakukan Pengguna melalui Aplikasi Pakaidonk (Instruksi lengkap terdapat pada menu Upgrade dalam menu akun di Aplikasi Pakaidonk).
    Berikut perbedaan antara Pengguna Pengguna Reguler dan Diamond :
    1. Pengguna Regular adalah Jenis pengguna yang tidak terdaftar dan tercatat (unregistered) di PT Pakai Donk Nusantara dan dapat menggunakan fitur Pakaidonk kecuali transfer sesama Pakaidonk, transfer ke Bank, pembukaan merchant dan brankas, EDC serta chat. , maksimum saldo adalah Rp 2.000.000 (dua juta Rupiah) dengan batas nilai transaksi dalam 1 (satu) bulan paling banyak Rp20.000.000 (dua puluh juta Rupiah), yang diperhitungkan dari transaksi yang bersifat incoming sebagaimana diatur dalam Peraturan Bank Indonesia. Untuk dapat memanfaatkan fitur layanan lainnya pada aplikasi Pakaidonk, maka anda dapat mengupgrade akun menjadi level Diamond.
    2. Pengguna Diamond adalah Jenis pengguna yang terdaftar dan tercatat (registered) di PT Pakai Donk Nusantara dan dapat menggunakan seluruh fitur Pakaidonk. Maksimum saldo level Diamond adalah Rp 10.000.000 (sepuluh juta Rupiah) dengan batas nilai transaksi dalam 1 (satu) bulan paling banyak Rp 20.000.000 (dua puluh juta Rupiah), yang diperhitungkan dari transaksi yang bersifat incoming.
  5. Pengguna dapat melakukan Transaksi apapun dalam Aplikasi Pakaidonk apabila saldo uang elektronik yang terdapat dalam Akun mencukupi.
  6. Hal-hal yang harus dipenuhi untuk dapat menggunakan Layanan Pakaidonk:
    1. Nomor ponsel (handphone) harus dalam keadaan aktif (tidak terblokir);
    2. Jaringan data dan pulsa yang mencukupi (bagi Pengguna Prabayar) atau batas kredit yang mencukupi (bagi Pengguna Pascabayar).
  7. Mengenai PIN :
    1. Pengguna harus memasukkan PIN sebelum melakukan suatu Transaksi untuk memastikan keabsahan atau melakukan verifikasi bahwa Transaksi benar-benar dilakukan oleh Pengguna;
    2. PIN dapat diganti oleh Pengguna melalui Aplikasi Pakaidonk;
    3. Pengguna wajib menjaga kerahasiaan PIN dan bertanggung jawab sepenuhnya atas kerahasiaan PIN;
    4. PIN akan terblokir apabila Pengguna salah memasukkan PIN sebanyak 5 (kali) berturut-turut;
    5. PIN dapat di aktifkan kembali oleh Pengguna dengan melalui menu lupa PIN.
  8. Apabila Pengguna terbukti melanggar ketentuan di dalam Syarat dan Ketentuan yang ditetapkan oleh Kami di Formulir Pendaftaran Akun ini atau dokumen tertulis lain yang resmi diterbitkan oleh Kami, maka Kami berhak menolak pendaftaran Akun termasuk namun tidak terbatas pada perintah-perintah Pengguna berdasarkan kebijakan Kami.
  9. Dengan mengunduh Aplikasi dan melakukan pendaftaran, Pengguna menyetujui dan mengakui bahwa Pengguna telah memberikan instruksi yang tidak dapat dicabut kembali kepada Kami untuk memberikan kuasa kepada Kami untuk dapat menjalankan transaksi sebagaimana yang telah Pengguna instruksikan baik dalam pengisian ulang (topup), transfer dana, dan/atau pembayaran tidak terbatas pada Layanan Pakaidonk yangdilakukan melalui ponsel (handphone) Pengguna.
  10. Pengguna mengetahui bahwa uang elektronik dalam aplikasi Pakaidonk ini bukanlah simpanan menurut Undang-Undang Perbankan yang dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

C. KATA SANDI (PIN)

  1. Selain kode verifikasi (OTP), untuk keamanan dalam bertransaksi Kami juga akan menginformasikan bahwa nomor PIN Pengguna harus Pengguna ingat setiap saat apabila Pengguna akan menggunakan Layanan Pakaidonk atau melakukan Transaksi.
  2. PIN merupakan kode yang bersifat pribadi dan rahasia, serta kewenangan penggunaannya hanya ada pada Pengguna. Pengguna wajib mengamankan PIN Pengguna dengan cara:
    1. Pengguna menjamin akan menjaga keamanan dan kerahasiaan PIN Akun Pengguna dan tidak akan memberitahukan kepada pihak ketiga manapun,tanpa terkecuali;
    2. Berhati-hati dalam menggunakan PIN sehingga tidak terlihat, diketahui atau terbaca oleh orang atau pihak lain;
    3. Secara berkala melakukan penggantian PIN yang hanya dilakukan dan diketahui oleh Pengguna; dan
    4. Tidak mencatat atau menyimpan PIN yang dapat dibaca, diakses atau diketahui oleh orang atau pihak lain.
  3. Petugas Pakaidonk TIDAK AKAN PERNAH menanyakan PIN Pengguna dalam setiap komunikasi antara Pengguna dengan petugas Kami. Pengguna setuju untuk menanggung setiap resiko yang ditimbulkan oleh Pengguna, terkait pengungkapan informasi Pengguna ataupun PIN Pengguna kepada pihak ketiga manapun dan bertanggung jawab secara penuh atas konsekuensi tersebut.
  4. Dipastikan bahwa setiap transaksi yang dilakukan melalui Pakaidonk hanya dibuat atau dipakai oleh Pengguna sendiri. Jangan meminjam atau meminta orang lain untuk membantu dalam pemrosesan Transaksi dikarenakan nilai dan fungsi Saldo pada Pakaidonk adalah sama dengan nilai dan fungsi dompet fisik yang digunakan sehari-hari. Dengan ini Pengguna setuju bahwa setiap transaksi yang dilakukan melewati Akun Pakaidonk Pengguna akan dianggap transaksi yang sah yang dibuat oleh Pengguna sendiri dan Pengguna dilarang untuk memberikan dan/atau mengalihkan hak, wewenang dan/atau kuasa dalam bentuk apapun dan dalam kondisi apapun kepada orang atau pihak lain untuk menggunakan data dan Akun Pengguna.
    Pengguna dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa Pengguna taat kepada ketentuan ini.
  5. Penggunaan PIN dan/atau Akun mempunyai kekuatan hukum dan oleh karenanya Pengguna dengan ini setuju dan menyatakan bahwa penggunaan PIN dalam setiap perintah atas Transaksi pada Akun Pengguna, tidak dapat dicabut kembali dan tanpa syarat dari Pengguna kepada Kami untuk melaksanakan Transaksi yang diperintahkan, termasuk tetapi tidak terbatas pada untuk melakukan pendebetan rekening saldo yang masih tersedia dalam Akun Pengguna.
  6. Akun akan menerima dan menjalankan setiap perintah atau Transaksi yang diberikan berdasarkan penggunaan PIN dan Pengguna dengan ini menyatakan dan menyetujui bahwa perintah tersebut akan dianggap sebagai perintah yang sah dari Pengguna dan mengikat Pengguna. Seluruh Transaksi yang dilakukan dengan menggunakan atau melalui Akun dan/atau PIN milik Pengguna akan dianggap sebagai perintah yang sah dari Pengguna dan akan digunakan sebagai alat bukti yang sah meskipun tidak dibuat dokumen tertulis atau dokumen yang ditPenggunatangani oleh Pengguna.
  7. Apabila Transaksi telah diselesaikan maka Pengguna dengan ini mengakui dan menyetujui bahwa Transaksi tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun dan Transaksi akan tetap di proses sesuai dengan instruksi Pengguna berdasarkan informasi dan data yang telah didaftarkan dan dimasukkan oleh Pengguna.

D. PENGGUNAAN INFORMASI PRIBADI

  1. Informasi Pribadi adalah setiap data, informasi, dan/atau keterangan dalam bentuk apapun yang dapat mengidentifikasikan diri Pengguna, yang dari waktu ke waktu Pengguna sampaikan kepada Kami atau yang Pengguna cantumkan atau sampaikan dalam, pada, dan/atau melalui Aplikasi yang menyangkut informasi mengenai pribadi Pengguna, yang mencakup, antara lain; nama lengkap, nomor kartu identitas Pengguna, tanggal lahir, alamat surat elektronik (e-mail), nomor ponsel (handphone), termasuk namun tidak terbatas pada; IP address, informasi lokasi, data perangkat Pengguna; data yang menyangkut informasi mengenai kegiatan transaksi Pengguna pada Aplikasi Pakaidonk; dan data lainnya yang tergolong sebagai data pribadi.
  2. Penyediaan Informasi Pribadi Pengguna adalah bersifat sukarela. Namun, jika Pengguna tidak memberikan Kami atas Informasi Pribadi Pengguna, maka Kami tidak dapat memproses lebih lanjut sehingga Kami tidak dapat memberikan Layanan Pakaidonk kepada Pengguna dan juga memproses pembayaran yang diinstruksikan dari Pengguna.
  3. Kami akan mengumpulkan Informasi Pribadi Pengguna setiap kali Pengguna menggunakan, melakukan akses terhadap Akun Pengguna pada Aplikasi Pakaidonk, melakukan semua jenis transaksi baik menggunakan Saldo ataupun Poin melalui Aplikasi Pakaidonk.
  4. Kami akan menggunakan Informasi Pribadi Pengguna untuk:
    1. Mengidentifikasi Penggunaan Pengguna atas Aplikasi Pakaidonk;
    2. Memproses transaksi yang Pengguna instruksikan;
    3. Mengelola Saldo, Point, dan administrasi Pengguna;
    4. Mencegah, mendeteksi, mengatasi terjadinya tindakan kejahatan yang mungkin terjadi dalam penggunaan Aplikasi Pakaidonk termasuk namun tidak terbatas pada penipuan (fraud), penggelapan, pencurian, money laundering;
    5. Mengembangkan, menambah dan menyediakan produk untuk memenuhi kebutuhan Pengguna;
    6. Mengembangkan, meningkatkan, dan menyediakan Layanan Pakaidonk dan fitur-fitur di dalam Aplikasi Pakaidonk dengan pelaksanaan riset;
    7. Pengiriman informasi yang Kami anggap berguna untuk Pengguna termasuk informasi tentang layanan dari Kami setelah Pengguna memberikan persetujuan kepada Kami bahwa Pengguna tidak keberatan dihubungi mengenai layanan Kami;
    8. Tujuan administratif internal, seperti; audit, analisis data, rekaman-rekaman dalam database;
    9. Berkomunikasi dengan Pengguna sehubungan dengan segala hal mengenai Layanan Pakaidonk dan fitur-fitur di dalam Aplikasi Pakaidonk;
    10. Menjaga keamanan, dan keberlangsungan Layanan Pakaidonk dan fitur-fitur di dalam Aplikasi Pakaidonk.
  5. Dengan ini, Pengguna setuju dan memberikan izin dan wewenang kepada Kami untuk mengumpulkan dan menggunakan Informasi Pribadi Pengguna untuk tujuan-tujuan sebagaimana dimaksud dalam point diatas. Kami tidak bertanggung jawab atas setiap kerugian yang ditimbulkan oleh Pengguna yang mana disebabkan oleh kegagalan Pengguna untuk memperbaharui informasi dan data pribadi melalui Kami dan Aplikasi Pakaidonk.

E. ISI SALDO (TOP UP)

  1. Isi saldo atau Top Up dapat dilakukan sewaktu-waktu melalui transfer dana pada bank-bank yang telah bekerja sama dengan Pakaidonk (Instruksi lengkap terdapat di fitur panduan isi saldo/top up pada menu akun). Jumlah saldo Akun Pengguna akan ditambahkan sesuai dengan jumlah uang yang telah didepositkan ke Pakaidonk. Sebagai tambahan, Pakaidonk bukanlah bank, oleh karena itu Akun Pengguna bukan merupakan tabungan perbankan, melainkan hanya untuk menampung uang elektronik dan memudahkan Pengguna dalam pembayaran online maupun offline.
  2. Jumlah saldo Pakaidonk Pengguna dibatasi sebesar Rp 2.000.000,- apabila akun Penggunabelum diverifikasi dan Rp 10.000.000,- sesudah terverifikasi. Maksimum total nilai transaksi Pengguna dalam sebulan adalah Rp 20.000.000,- (Dua Puluh Juta Rupiah) berdasarkan ketentuan Bank Indonesia yang berlaku.
  3. Biaya administrasi yang dikenakan kepada Pengguna saat ini adalah sebesar Rp 0,- dimana hal ini dapat berubah sewaktu-waktu dari Kami dengan memberikan pemberitahuan melalui media yang ditentukan oleh Kami.

F. TRANSFER DANA DARI SALDO PAKAIDONK KE REKENING BANK

  1. Khusus Pengguna Registered (Diamond) dapat menggunakan fitur transfer dana dari saldo Pakaidonk ke rekening Bank yang bekerjasaman dengan Pakaidonk.
  2. Transfer dana dari Saldo Pakaidonk ke rekening Bank dapat dilakukan melalui fitur transfer bank pada menu ATM.
  3. Jumlah saldo transfer ditentukan oleh Pengguna Pakaidonk dengan ketentuan jumlah minimum sebesar Rp 10.000 (Sepuluh Ribu Rupiah).
  4. Biaya administrasi yang dikenakan kepada Pengguna saat ini adalah sebesar Rp2000,- dimana hal ini dapat berubah sewaktu-waktu dari Kami dengan memberikan pemberitahuan melalui media yang ditentukan oleh Kami.
  5. Pakaidonk tidak bertanggung jawab atas kesalahan yang terjadi karena kesalahan dalam menginput informasi bank yang didaftarkan oleh Pengguna Pakaidonk.
  6. Pakaidonk akan mengembalikan Saldo Pakaidonk kembali jika Transfer Dana gagal.
  7. Pakaidonk tidak bertanggung jawab jika ada masalah pada pihak Bank dan Bank tidak dapat memproses transfer dana sejauh Pakaidonk sudah berhasil mengirimkan instruksi transfer.
  8. Sebagai tambahan, apabila ditemukan adanya dugaan pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan Pengguna, seperti kecurangan, manipulasi, penipuan, kejahatan, dan lain sebagainya, Pengguna menyetujui bahwa Kami berhak melakukan tindakan pemeriksaan, pembekuan, penundaan, atau pembatalan terhadap transfer dana yang diajukan oleh Kami dalam kurun waktu yang diperlukan namun tidak terbatas oleh pihak Kami.

F. TRANSFER DANA DARI SALDO PAKAIDONK KE REKENING BANK

  1. Hanya Pengguna Registered (Diamond) dapat menggunakan fitur transfer saldo sesama Pengguna Pakaidonk.
  2. Transfer saldo ke sesama Pengguna Pakaidonk dapat dilakukan sewaktu-waktu dengan ketentuan bahwa penerima dan pengirim memiliki Aplikasi Pakaidonk serta saldo pada Akun pengirim mencukupi.
  3. Biaya administrasi yang dikenakan kepada Pengguna saat ini adalah sebesar Rp 0,- dimana hal ini dapat berubah sewaktu-waktu dari Kami dengan memberikan pemberitahuan melalui media yang ditentukan oleh Kami.
  4. Pakaidonk tidak bertanggung jawab atas kesalahan yang terjadi karena kesalahan dalam menginput informasi penerima yang didaftarkan oleh Pengguna Pakaidonk.
  5. Sebagai tambahan, apabila ditemukan adanya dugaan pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan Pengguna, seperti kecurangan, manipulasi, penipuan, kejahatan, dan lain sebagainya, Pengguna menyetujui bahwa Kami berhak melakukan tindakan pemeriksaan, pembekuan, penundaan, atau pembatalan terhadap transfer saldo yang diajukan oleh Kami dalam kurun waktu yang diperlukan namun tidak terbatas oleh pihak Kami.

F. TRANSFER DANA DARI SALDO PAKAIDONK KE REKENING BANK

  1. Hanya Pengguna Registered (Diamond) dapat menggunakan fitur transfer saldo sesama Pengguna Pakaidonk.
  2. Transfer saldo ke sesama Pengguna Pakaidonk dapat dilakukan sewaktu-waktu dengan ketentuan bahwa penerima dan pengirim memiliki Aplikasi Pakaidonk serta saldo pada Akun pengirim mencukupi.
  3. Biaya administrasi yang dikenakan kepada Pengguna saat ini adalah sebesar Rp 0,- dimana hal ini dapat berubah sewaktu-waktu dari Kami dengan memberikan pemberitahuan melalui media yang ditentukan oleh Kami.
  4. Pakaidonk tidak bertanggung jawab atas kesalahan yang terjadi karena kesalahan dalam menginput informasi penerima yang didaftarkan oleh Pengguna Pakaidonk.
  5. Sebagai tambahan, apabila ditemukan adanya dugaan pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan Pengguna, seperti kecurangan, manipulasi, penipuan, kejahatan, dan lain sebagainya, Pengguna menyetujui bahwa Kami berhak melakukan tindakan pemeriksaan, pembekuan, penundaan, atau pembatalan terhadap transfer saldo yang diajukan oleh Kami dalam kurun waktu yang diperlukan namun tidak terbatas oleh pihak Kami.

H. PENGGUNAAN LAYANAN PAKAIDONK

  1. Layanan Pakaidonk hanya dapat digunakan pada aplikasi Pakaidonk. Layanan Pakaidonk dapat digunakan selama Saldo pada Akun Pakaidonk Pengguna mencukupi untuk melakukan Transaksi atau pembayaran. Setelah menerima permintaan Pengguna untukmelakukan pembayaran, sistem Kami akan melakukan verifikasi dan pemeriksaan pada saldo Akun Pakaidonk Pengguna apakah mencukupi untuk melakukan pembayaran tersebut. Apabila saldo yang terdapat pada Akun Pakaidonk mencukupi, maka saldo pada Akun Pakaidonk Pengguna akan dikurangi dengan jumlah yang telah Pengguna konfirmasi dengan menggunakan PIN. Transaksi yang telah selesai atau berhasil diproses tidak dapat dibatalkan kembali. Pengguna setuju bahwa Kami sepenuhnya mempunyai hak untuk menguji dan memutuskan permintaan pembatalan atau penolakan berdasarkan kasus dan kebijakan Kami.
  2. Pengguna tidak diperbolehkan untuk menyalahgunakan atau menggunakan Pakaidonk untuk tujuan penipuan, sarana pencucian uang, dan lain sebagainya yang bersifat illegal termasuk namun tidak terbatas pada menyebabkan ketidaknyamanan kepada orang lain dan melanggar hukum dan peraturan undang-undang yang berlaku di Indonesia.
  3. Pengguna tidak diperbolehkan untuk menggunakan Pakaidonk dalam menerima pembayaran ataupun melakukan pembayaran atas barang-barang illegal termasuk namun tidak terbatas pada barang curian, barang yang mengandung bahan yang membahayakan, dan lain sebagainya termasuk namun tidak terbatas pada aktivitas illegal yang melanggar hukum dan peraturan undang-undang yang berlaku di Indonesia.
  4. Penggunaan Pengguna atas Akun Pakaidonk tunduk kepada Syarat dan Ketentuan Pengguna, Kebijakan Privasi, dan ketentuan lainnya yang berlaku di dalam aplikasi Pakaidonk. Penggunaan Pengguna atas Akun Pakaidonk adalah tanggung jawab pribadi Pengguna dan Kami tidak bertanggung jawab atas setiap kerugian yang timbul disebabkan penggunaan Pengguna atas Akun Pakaidonk yang dilakukan tidak sesuai atau melanggar salah satu atau setiap syarat yang tertulis di dalam Syarat dan Ketentuan Pengguna serta hukum atau peraturan perundang-undangan yang berlaku.

I. JANGKA WAKTU

  1. Akun Pengguna akan berlaku dan memiliki jangka waktu selama akun tersebut tidak ditutup secara permanen.

J. PENUTUPAN ATAU PEMBLOKIRAN AKUN

  1. Akun Pengguna dapat diblokir jika terjadinya hal-hal sebagai berikut:
    1. Jika Pengguna memasukkan kata sandi (PIN) yang salah sebanyak 5 (lima) kali secara berturut-turut;
    2. Jika diminta secara resmi oleh Pengguna baik melalui Aplikasi Pakaidonk melalui fitur lupa PIN di menu ATM;
    3. Dilakukan sepihak oleh Pakaidonk dikarenakan terdapat satu dan lain hal yang menurut pertimbangan Pakaidonk memiliki suatu indikasi pelanggaran terhadap hukum dan ketentuan yang berlaku sehingga Akun harus segera di blokir dengan atau tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna
  2. Sehubungan dengan point “1” di atas Pakaidonk berhak untuk memblokir Akun Pengguna secara sepihak dengan atau tanpa pemberitahuan terlebih dahulu apabila terjadi satu atau lebih hal sebagaimana disebutkan dibawah ini:
    1. Adanya permintaan dari otoritas negara atau otoritas penegak hukum yang berwenang;
    2. Pengguna melakukan pelanggaran terhadap satu atau lebih Syarat dan Ketentuan Pengguna;
    3. Pengguna memberikan informasi dan keterangan tidak benar atau menyesatkan pada saat melakukan pendaftaran atau selama menggunakan Layanan Pakaidonk;
    4. Terdapat indikasi penyalahgunaan untuk kegiatan yang melanggar hukum;
    5. Sedang adanya pembaharuan, pemeliharaan, perubahan, upgrade atau tindakan lain atas Aplikasi dan Layanan Pakaidonk, dimana dalam hal ini Kami tidak berkewajiban untuk mempertanggungjawabkannya kepada siapapun;
    6. Berdasarkan penilaian, keputusan dan/atau pertimbangan Kami sendiri bahwa Kami mengetahui atau menduga terjadinya Transaksi yang tidak wajar atau jumlah Transaksi dengan menggunakan atau melalui Akun dalam satu hari melebihi jumlah atau tingkat kewajaran Transaksi yang sebagaimana ditentukan oleh Kami;
    7. Apabila Pakaidonk berdasarkan pertimbangannya sendiri yang cukup beralasan memiliki alasan kuat lainnya sehingga Akun perlu diblokir.
  3. Akun yang telah diblokir dapat di aktivasi kembali berdasarkan kebijakan Pakaidonk.
  4. Apabila Ponsel Pintar (Handphone) Pengguna dicuri, hilang, atau diretas mohon dengan segera dilaporkan kepada Kami untuk pemblokiran Akun Pakaidonk Pengguna, sehingga saldo didalamnya tidak dapat digunakan sampai terjadinya pengajuan pembukaan kembali Akun Pakaidonk tersebut. Apabila terjadi keterlambatan pemberitahuan dan terdapat transaksi yang telah terjadi pada Akun Pengguna yang menyebabkan kerugian, Pengguna setuju bahwa setiap kerugian tersebut merupakan tanggung jawab penuh Pengguna dan transaksi yang telah terjadi akan dianggapsebagai transaksi yang sah.
  5. Penutupan Akun Pakaidonk dapat dilakukan dengan cara melakukan pengajuan penutupan Akun kepada Kami disertai dengan alasan penutupan. Saldo yang terdapat dalam Pakaidonk akan Kami kembalikan setelah Kami melakukan verifikasi. Jumlah yang akan dikembalikan akan sesuai dengan saldo terakhir yang terdapat di dalam Akun Pakaidonk jika tidak terdapat biaya terhutang ataupun terdapat keadaan yang mana berdasarkan pertimbangan Kami merugikan Kami atau pihak ketiga manapun sehingga Kami harus menahan sebagian Saldo Pakaidonk Pengguna, layaknya sebagian saldo tersebut dihasilkan dari tindak penipuan.
  6. Jika Pengguna tidak menggunakan Layanan Pakaidonk selama jangka waktu tertentu, maka Pakaidonk dapat menghentikan (memblokir) Akun Pengguna.

K. PENGADUAN ATAS KELUHAN

Pengguna dapat mengajukan pertanyaan seputar Layanan Pakaidonk atau menyampaikan keluhan atas layanan atau transaksi dengan menghubungi Customer Service Kami melalui cs@pakaidonk.id.


L. PEMBATASAN TANGGUNG JAWAB

  1. Layanan disediakan dalam kondisi apa adanya. Kami dan bank (dalam beberapa fitur) tidak memberikan pernyataan atau jaminan dalam bentuk apapun atas reliabilitas, keamanan, ketepatan waktu, kualitas, kesesuaian, ketersediaan, akurasi dan/atau kelengkapan layanan, aplikasi dan/atau sistem. Kami tidak memberikan pernyataan atau jaminan dalam bentuk apapun bahwa:
    1. penggunaan layanan, aplikasi, akun dan/atau sistem (atau bagian daripadanya) akan aman, tepat waktu, tidak terganggu atau bebas dari kesalahan, gangguan, virus atau hambatan lain atau komponen berbahaya lainnya;
    2. Layanan, aplikasi, akun dan/atau sistem dapat tetap beroperasi atau digunakan bersamaan dengan atau dengan kombinasi perangkat (baik hardware maupun software) atau sistem pihak lain yang tidak kami sediakan atau miliki untuk pengoperasian aplikasi;
    3. Penyediaan layanan maupun aplikasi atau kelancaran ber-transaksi atau penggunaan akun akan memenuhi persyaratan atau harapan anda;
    4. Setiap data transaksi yang kami simpan atau tersimpan dalam sistem harus akurat atau terpercaya;
    5. Kualitas layanan atau aplikasi akan memenuhi persyaratan atau harapan anda; dan
    6. Tidak akan ada kesalahan, gangguan atau cacat dari sistem, layanan dan/atau aplikasi.
  2. Mengingat bahwa PT Pakai Donk Nusantara hanya sebagai penyedia platform atas sebagian besar layanan yang disediakan oleh penyedia layanan, maka kami tidak bertanggung jawab terhadap isi, bentuk, jenis dan/atau ketersediaan dari layanan tersebut maupun hal-hal lain terkait dengan layanan tersebut yang sepenuhnya merupakan tanggung jawab pihak penyedia layanan. Akan tetapi kami akan memfasilitasi jika terdapat perselisihan antara anda, merchant dan penyedia layanan. Kami tidak bertindak sebagai mediator, dan hal tersebut tidak menimbulkan kewajiban lebih jauh apapun terhadap kami
  3. Anda mengetahui dan setuju bahwa kami berhak untuk memblokir dan/atau menutup akun dan rekening dan/atau layanan/fasilitas apabila: a.) Kami memahami dan memiliki alasan yang memadai untuk menyatakan bahwa telah terjadi atau akan terjadi manipulasi keuangan atau perbankan atau kriminal yang terkait dengan akun atau rekening dan/atau layanan/fasilitas pengguna Pakaidonk; b.) Pemegang atau nasabah memberikan data yang tidak valid/tidak lengkap kepada kami; c.) Terdapat permintaan tertulis dari instansi kepolisian, kejaksaan, pengadilan, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), kantor pajak atau lembaga berwenang lainnya sesuai dengan hukum dan perundangan yang berlaku atau untuk memenuhi kewajiban/utang yang belum diselesaikan oleh pemegang atau nasabah.
  4. Anda dengan ini mengetahui bahwa layanan, aplikasi, akun dan/atau sistem mungkin atau dapat mengalami, terdapat atau terjadi pembatasan, keterlambatan, dan/atau masalah lain termasuk yang disebabkan karena atau sehubungan dengan (a) ketidaktersediaan atau terbatasnya jaringan (termasuk jaringan internet) dan/atau penggunaan atau (b) tidak tersedianya, terganggunya, atau tidak berfungsinya fitur tertentu pada perangkat yang anda gunakan. Kami tidak bertanggung jawab atas segala keterlambatan, terhambatnya, tidak suksesnya, terganggunya atau gagalnya suatu transaksi yang disebabkan karena hal tersebut di atas.
  5. Anda dengan ini mengetahui bahwa terdapat kemungkinan (a) sistem atau aplikasi (atau bagian manapun dari sistem atau aplikasi) tidak stabil, terganggu, terhenti, tidak berjalan dengan baik, tidak berjalan dengan sempurna dan/atau memiliki beberapa bug, dan/atau (b) layanan (atau fitur-futur atau bagian-bagian tertentu) dapat berubah, tidak tersedia, dan atas terjadinya hal tersebut anda setuju untuk tidak mengajukan klaim kepada kami.
  6. Kami dalam kondisi apapun tidak bertanggung jawab atas segala klaim dari pihak manapun termasuk anda maupun atas kerugian anda serta pihak manapun yang terjadi sebagai akibat dari atau sehubungan dengan:
    1. Kehilangan data;
    2. Kehilangan pendapatan, keuntungan atau pemasukan lainnya;
    3. Kehilangan, kerusakan atau cedera yang timbul dari, atau sehubungan dengan penggunaan anda atas aplikasi, layanan dan/atau akun atau atas ketidakmampuan atau kesalahan anda dalam menggunakan layanan, aplikasi dan/atau akun; atau
    4. Tuntutan maupun gugatan yang dialami oleh anda yang mungkin timbul sebagai akibat penyampaian informasi dari anda yang tidak lengkap atau akibat tidak dilaksanakannya instruksi anda, antara lain pembatalan, perubahan instruksi (untuk instruksi yang belum dijalankan) yang disampaikan kepada PT Pakai Donk Nusantara, termasuk jika kerugian tersebut terjadi akibat kesalahan yang disengaja atau kelalaian pengguna.
  7. Anda dengan ini setuju dan mengikatkan diri untuk membebaskan kami dari segala klaim dalam bentuk apapun dan dimanapun dalam hal kami tidak dapat melaksanakan, melanjutkan atau meneruskan transaksi maupun perintah atau instruksi dari anda melalui aplikasi atau akun, baik sebagian maupun seluruhnya, yang disebabkan karena kejadian-kejadian atau hal-hal di luar kekuasaan atau kemampuan kami termasuk namun tidak terbatas pada (a) segala gangguan virus komputer, (b) sistem trojan horses, (c) komponen atau sistem yang dapat membahayakan serta mengganggu aplikasi, layanan dan/atau akun, (d) layanan atau jasa internet service provider atau jasa atau layanan pihak ketiga lainnya yang tersedia dalam layanan, dan/atau (e) bencana alam, perang, huru-hara, keadaan peralatan, sistem atau transmisi yang tidak berfungsi, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, kebijakan pemerintah, kegagalan sistem perbankan dan/atau keuangan serta kejadian-kejadian atau sebab-sebab lain diluar kekuasaan atau kemampuan kami.
  8. Anda dengan ini setuju dan mengikatkan diri untuk membebaskan kami dari setiap dan seluruh klaim dalam bentuk apapun, dari pihak manapun dan dimanapun yang diajukan, timbul atau terjadi sehubungan dengan atau sebagai akibat dari:
    1. Penggunaan data oleh kami berdasarkan syarat dan ketentuan ini atau berdasarkan persetujuan, pengakuan, wewenang, kuasa dan/atau hak yang anda berikan baik secara langsung maupun tidak langsung kepada kami dalam syarat dan ketentuan ini;
    2. Pemberian data baik secara langsung maupun tidak langsung oleh anda kepada kami atau dalam atau melalui aplikasi ini yang anda lakukan secara (i) melanggar atau melawan hukum atau peraturan perundang-undangan yang berlaku, (ii) melanggar hak (termasuk hak kekayaan intelektual) dari atau milik orang atau pihak manapun, atau (iii) melanggar kontrak, kerjasama, kesepakatan, akta, pernyataan, penetapan, keputusan dan/atau dokumen apapun dimana anda merupakan pihak atau dimana anda atau aset anda terikat;
    3. Penggunaan aplikasi, akun dan/atau layanan (i) secara tidak sah, (ii) melanggar hukum yang berlaku, (iii) melanggar syarat dan ketentuan ini, dan/atau (iv) untuk tindakan atau tujuan penipuan, kriminal, tindakan tidak sah atau tindakan pelanggaran hukum lainnya.
  9. Anda dengan ini setuju dan mengikatkan diri untuk mengganti seluruh kerugian yang kami alami dan mengganti seluruh biaya, ongkos, beban dan pengeluaran yang telah atau mungkin akan kami keluarkan atau bayarkan sehubungan dengan atau sebagai akibat dari klaim sebagaimana dimaksud butir 5, 6 dan 7 di atas (termasuk tetapi tidak terbatas pada biaya jasa hukum yang kami bayarkan atau keluarkan untuk melakukan pembelaan atau tindakan lain yang diperlukan terkait dengan klaim tersebut).
  10. Anda dengan ini setuju bahwa kami akan dibebaskan dari segala tuntutan, jika kami tidak dapat melaksanakan instruksi dari anda, baik sebagian maupun sepenuhnya yang disebabkan oleh kejadian atau sebab yang berada di luar kendali atau kemampuan kami, meliputi tetapi tidak terbatas pada bencana alam, peperangan, kerusuhan, kondisi perangkat keras, kegagalan sistem infrastruktur elektronik atau transmisi, gangguan daya, gangguan telekomunikasi, kegagalan sistem kliring atau hal lainnya yang ditetapkan oleh Bank Indonesia atau lembaga berwenang lainnya.
  11. Setelah kejadian yang menyebabkan PT Pakai Donk Nusantara dan/atau rekanannya tidak dapat melaksanakan instruksi dari pengguna berakhir, maka PT Pakai Donk Nusantara dan/atau rekanannya akan melanjutkan kembali instruksi tersebut dalam kurun waktu sesuai dengan ketentuan dari Bank Indonesia dan/atau Otoritas Jasa Keuangan.

M. PERNYATAAN DAN JAMINAN

  1. Anda hanya dapat mengakses atau menggunakan aplikasi, layanan, dan/atau sistem (a) sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini, (b) untuk tujuan yang sah, dan (c) tidak digunakan untuk tujuan atau tindakan penipuan, pelanggaran hukum, kriminal maupun tindakan, aktifitas, perbuatan atau tujuan lain yang melanggar atau bertentangan dengan hukum, peraturan perundang-undangan yang berlaku maupun hak atau kepentingan pihak manapun. Anda bertanggung jawab penuh untuk memeriksa dan memastikan bahwa anda telah mengunduh (download) software yang benar untuk perangkat anda. Kami tidak bertanggung jawab jika anda tidak memiliki perangkat yang kompatibel dengan sistem atau aplikasi atau jika anda telah mengunduh (download) versi software yang salah untuk perangkat anda.
  2. Anda dilarang untuk menggunakan layanan, aplikasi dan/atau akun atau melakukan transaksi: (a) untuk tujuan, kegiatan, aktifitas atau aksi yang melanggar hukum atau melanggar hak atau kepentingan (termasuk hak kekayaan intelektual atau hak privasi milik pihak manapun); (b) yang memiliki materi atau unsur yang berbahaya atau yang merugikan pihak manapun; (c) yang mengandung virus software, worm, trojan horses atau kode komputer berbahaya lainnya, file, script, agen atau program; dan (d) yang mengganggu integritas atau kinerja sistem dan/atau aplikasi.
  3. Anda dilarang untuk melakukan tindakan apapun termasuk dalam atau melalui aplikasi atau akun serta dilarang untuk melakukan transaksi yang dapat merusak atau mengganggu reputasi Pakaidonk atau penyedia layanan.
  4. Anda dengan ini secara tegas menyetujui serta menyatakan dan menjamin bahwa:
    1. Anda adalah individu yang secara hukum cakap untuk melakukan tindakan hukum berdasarkan hukum negara Republik Indonesia termasuk untuk mengikatkan diri dalam Syarat dan Ketentuan ini. Jika anda tidak memenuhi syarat ini, kami berhak untuk sewaktu-waktu untuk men-nonaktifkan atau mengakhiri penggunaan akun, layanan dan/atau aplikasi, baik untuk sementara waktu maupun untuk seterusnya;
    2. Anda memiliki hak, wewenang dan kapasitas untuk menggunakan layanan dan akun serta untuk melaksanakan seluruh Syarat dan Ketentuan;
    3. Jika anda melakukan pendaftaran atau mengunduh aplikasi atas nama suatu badan hukum, persekutuan perdata atau pihak lain, anda dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa anda memiliki kapasitas, hak dan wewenang yang sah untuk bertindak untuk dan atas nama badan hukum, persekutuan perdata atau pihak lain tersebut termasuk tetapi tidak terbatas pada mengikat badan hukum, persekutuan perdata atau pihak lain tersebut untuk tunduk pada seluruh isi Syarat dan Ketentuan;
    4. Anda telah membaca seluruh isi Syarat dan Ketentuan serta telah mengerti dan memahami seluruh isi Syarat dan Ketentuan ini dan karenanya mengikatkan diri secara sukarela untuk tunduk dengan serta melaksanakan seluruh Syarat dan Ketentuan ini;
    5. Anda menyatakan dan menjamin bahwa dana yang dipergunakan dalam rangka transaksi bukan dana yang berasal dari tindak pidana yang dilarang berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia, pembukaan rekening ini tidak dimaksudkan dan/atau ditujukan dalam rangka upaya melakukan tidak pidana pencucian uang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia, transaksi tidak dilakukan untuk maksud mengelabui, mengaburkan, atau menghindari pelaporan kepada Pusat Pelaporan Dan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK) berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia, dan anda bertanggung jawab sepenuhnya serta melepaskan PT Pakai Donk Nusantara dari segala tuntutan, klaim, atau ganti rugi dalam bentuk apapun, apabila anda melakukan tindak pidana pencucian uang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia;
    6. Seluruh data baik yang telah anda sampaikan atau cantumkan maupun yang akan anda sampaikan atau cantumkan baik langsung maupun tidak langsung di kemudian hari atau dari waktu ke waktu adalah benar, lengkap, akurat terkini dan tidak menyesatkan serta tidak melanggar hak (termasuk tetapi tidak terbatas pada hak kekayaan intelektual) atau kepentingan pihak manapun. Penyampaian data oleh anda kepada kami atau pada atau melalui aplikasi atau sistem tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku serta tidak melanggar akta, perjanjian, kontrak, kesepakatan atau dokumen lain dimana anda merupakan pihak atau dimana anda atau aset anda terikat;
    7. Layanan, aplikasi maupun akun akan digunakan untuk kepentingan anda sendiri atau untuk kepentingan badan hukum, badan usaha, persekutuan perdata atau pihak lain yang secara sah anda wakili sebagaimana dimaksud huruf c di atas;
    8. Anda tidak akan memberikan hak, wewenang dan/atau kuasa dalam bentuk apapun dan dalam kondisi apapun kepada orang atau pihak lain untuk menggunakan data, akun dan/atau security code, dan anda karena alasan apapun dan dalam kondisi apapun tidak akan dan dilarang untuk mengalihkan akun kepada orang atau pihak manapun; dan
    9. Dalam atau pada saat menggunakan layanan, aplikasi dan/atau akun, anda setuju untuk mematuhi dan melaksanakan seluruh ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku termasuk hukum dan peraturan perundang-undangan di negara asal anda maupun di negara atau kota dimana anda berada.
  5. Dengan melaksanakan transaksi melalui Aplikasi Pakaidonk, anda memahami bahwa seluruh komunikasi dan instruksi dari anda yang diterima oleh kami akan diperlakukan sebagai bukti solid meskipun tidak dibuat dalam bentuk dokumen tertulis atau diterbitkan dalam bentuk dokumen yang ditandatangani, dan, dengan demikian, anda setuju untuk mengganti rugi dan melepaskan kami dan rekanan-rekanan kami dari segala kerugian, tanggung jawab, tuntutan dan pengeluaran (termasuk biaya litigasi) yang dapat muncul terkait dengan eksekusi dari instruksi anda.

N. PENYELESAIAN PERSELISIHAN

  1. Syarat dan Ketentuan ini diatur dan ditafsirkan berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia.
  2. Segala perselisihan atau pertentangan yang timbul sehubungan dengan atau terkait dengan hal-hal yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan (maupun bagian daripadanya) termasuk perselisihan yang disebabkan karena adanya atau dilakukannya perbuatan melawan hukum atau pelanggaran atas satu atau lebih Syarat dan Ketentuan ini (“Perselisihan”) wajib diselesaikan dengan cara sebagai berikut:
    1. Salah satu pihak baik Anda atau Kami (“Pihak Pertama”) wajib menyampaikan pemberitahuan tertulis kepada pihak lainnya (“Pihak Kedua”) atas telah terjadinya Perselisihan (“Pemberitahuan Perselisihan”). Perselisihan wajib diselesaikan secara musyawarah mufakat dalam waktu paling lambat 90 (sembilan puluh) hari kalender sejak tanggal Pemberitahuan Perselisihan Perselisihan (“Periode Penyelesaian Musyawarah”);
    2. Jika Perselisihan tidak dapat diselesaikan secara musyawarah mufakat sampai dengan berakhirnya Periode Penyelesaian Musyawarah, Pihak Pertama dan Pihak Kedua wajib untuk bersama-sama menunjuk pihak ketiga (“Mediator”) sebagai mediator untuk menyelesaikan Perselisihan dan penunjukan tersebut wajib dituangkan dalam bentuk tertulis yang ditandatangani bersama oleh Pihak Pertama dan Pihak Kedua.
    3. Proses mediasi oleh Mediator khusus akan diselesaikan oleh satu arbiter yang ditunjuk berdasarkan Peraturan Badan Arbitrase Nasional Indonesia yang beralamat di gedung Wahana Graha Lantai 2, Jl. Mampang Prapatan Nomor 2 Jakarta Selatan 12760, Republik Indonesia (BANI).
    4. Ketentuan mengenai seluruh biaya, ongkos dan pengeluaran dalam rangka penyelesaian Perselisihan diputuskan berdasarkan putusan arbitrase yang final dan mengikat;
    5. Kecuali disyaratkan berdasarkan hukum yang berlaku atau diminta berdasarkan permintaan, keputusan atau penetapan resmi yang diterbitkan, dikeluarkan atau dibuat oleh pengadilan atau instansi pemerintah yang berwenang, selama proses penyelesaian Perselisihan sebagaimana diatur di atas sampai dengan adanya keputusan yang sah, final dan mengikat Pihak Pertama dan Pihak Kedua, maka Pihak Pertama dan Pihak Kedua wajib untuk merahasiakan segala informasi terkait dengan Perselisihan maupun proses penyelesaiannya dan karenanya dilarang untuk dengan cara apapun menginformasikan, memberitahukan atau mengumumkan kepada pihak manapun adanya Perselisihan tersebut maupun proses penyelesaiannya termasuk tetapi tidak terbatas melalui media massa (koran, televisi atau media lainnya) dan/atau media sosial. Jika Anda melanggar ketentuan butir (e) ini, Anda dengan ini mengetahui dan setuju bahwa seluruh atau sebagian hak Anda untuk menggunakan Layanan, Aplikasi, Akun dan/atau PIN dapat sewaktu-waktu diakhiri atau di non-aktifkan oleh Kami baik untuk sementara waktu maupun untuk seterusnya.
  3. Sehubungan dengan kuasa yang tidak ditarik kembali yang Anda berikan kepada Kami berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini, kuasa tersebut akan terus berlaku dan tidak dapat berakhir karena alasan apapun juga termasuk alasan-alasan yang dimaksud dan diatur dalam Pasal 1813, 1814, dan 1816 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, kecuali dalam hal Anda menutup akun Pakaidonk Anda.

O. LAIN-LAIN

  1. Untuk setiap masalah yang berkaitan dengan transaksi, layanan dan/atau akun, anda dapat meminta bantuan pada atau dari menu bantuan Pakaidonk. Anda juga dapat melakukan pengaduan tertulis kepada kami ke alamat email sebagai berikut [cs@pakaidonk.id], melalui menu bantuan di aplikasi pakaidonk dengan wajib menyertakan bukti pendukung yang dapat kami terima untuk penyampaian pengaduan tertulis tersebut.
  2. Seluruh persetujuan, kuasa, wewenang dan/atau hak yang anda berikan kepada kami dalam Syarat dan Ketentuan ini tidak dapat berakhir karena alasan apapun termasuk karena alasan-alasan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1813, 1814, dan 1816 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata selama anda masih menggunakan layanan atau aplikasi atau masih menggunakan dan/atau memiliki akun.
  3. Anda dengan ini membebaskan kami dari seluruh klaim sehubungan dengan pelaksanaan segala tindakan kami berdasarkan kuasa, wewenang dan/atau hak yang anda berikan kepada kami dalam atau berdasarkan Syarat dan Ketentuan maupun pelaksanaan hak atau wewenang kami berdasarkan Syarat dan Ketentuan.