Informasi

Informasi

TENTANG PAKAIDONK

Pakaidonk adalah aplikasi uang elektronik yang dapat digunakan untuk beragam transaksi yang anda butuhkan melalui smartphone dengan basis operasional android. Pakaidonk menyediakan kemudahan, kepraktisan dan kecepatan serta keamanan dalam bertransaksi.

 

JENIS LAYANAN

Secara garis besar layanan pakaidonk terbagi menjadi 3 jenis layanan.

ATM

Menu yang akan mempermudah pengguna dalam melakukan berbagai transaksi dengan menggunakan dana dari saldo Pakaidonk. Untuk masuk ke menu ATM, anda diwajibkan mengisi PIN yang sudah dibuat saat pendaftaran, ubah PIN secara berkala dan jaga kerahasiaan PIN anda dari siapapun untuk keamanan bertransaksi. Menu ini menampilkan beberapa sub menu sebagai berikut :

  • Saldo : Menginformasikan jumlah saldo Pakaidonk pengguna secara realtime

  • Ganti PIN : Menu yang digunakan untuk melakukan penggantian PIN secara berkala untuk keamanan pengguna.

  • PAY DONK : Fitur pembayaran untuk instansi atau badan hukum yang bekerjasama dengan Pakaidonk menggunakan saldo Pakaidonk.

  • Top Up : Menu untuk melakukan proses top up. Top up bisa dilakukan melalui beberapa bank yang disediakan oleh Pakaidonk dan bisa juga melalui merchant yang tersedia sehingga akan mempermudah pengguna dalam melakukan top up

  • Transfer Pakaidonk : Menu yang memudahan pengguna untuk mentransfer saldo Pakaidonk yang dimiliki ke sesama pengguna Pakaidonk

  • Transfer Bank : Menu yang memberikan kemudahan kepada pengguna untuk melakukan transfer dari saldo Pakaidonk yang dimiliki ke rekening bank yang dikehendaki pengguna pada bank-bank yang disediakan Pakaidonk

QR-ku

Menu untuk menampilkan QR code pengguna, bisa digunakan untuk transaksi langsung sesama pengguna Pakaidonk.

TELEPON

Menu untuk melakukan pembayaran tagihan telepon pascabayar dan pembelian voucher prabayar all operator

LISTRIK

Menu untuk melakukan pembayaran tagihan listrik pascabayar dan pembelian token listrik.

AIR

Menu untuk melakukan pembayaran tagihan air (PDAM) di wilayah Indonesia

TAGIHAN

Menu untuk melakukan pembayaran tagihan kartu kredit, leasing, BPJS kesehatan dll

Seluruh penyedia layanan /merchant sudah terverifikasi di pakaidonk, namun anda harus tetap berhati-hati dalam bertransaksi di merchant pakaidonk. Bijak dalam bertransaksi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan misalnya masalah kualitas produk, ukuran produk dll.

RAGAM

Menu yang menghubungkan antara pengguna dengan merchant / penyedia jasa tertentu dengan prioritas merchant yang berada di radius terdekat dari posisi pengguna.

MALL

Menu untuk berbelanja di merchant toko yang bekerjasama dengan pakaidonk di radius tertentu dari pengguna pakaidonk. Nama toko, alamat, harga dan stok barang yang dijual akan tampil beserta cara pembayarannya.

BIAYA & BATAS TRANSAKSI PAKAIDONK

Biaya Atas Notifikasi Transaksi

NoJenis TransaksiBiaya
1Notifikasi di dalam aplikasiGratis (diperlukan akses internet)
2One Time Password SMSGratis (tidak memotong pulsa)

Biaya Atas Transaksi

NoJenisBiaya
1Top up via bankGratis
2Transfer antar penggunaGratis
3Transfer ke akun bankRp 1.000/transfer
4Pembayaran ke merchant dengan saldoGratis
5Pembukaan akun baruGratis
6Upgrade akunGratis
7Penggatian data penggunaGratis
8Akun dormanGratis
9Penutupan akunGratis

Batas Transaksi

NoPengguna RegulerPengguna Diamond
1Total Transaksi Bulanan Rp. 20.000.000,-Total Transaksi Bulanan Rp. 20.000.000,-
2Saldo maksimal Rp. 2.000.000,-Saldo maksimal Rp. 10.000.000,-

EDUKASI KEAMANAN PENGGUNA

Dalam setiap transaksi di pakaidonk harus memasukan PIN sebagai pengaman, sehingga aman dari risiko disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab dan anda berkewajiban untuk menjaga kerahasiaan PIN tersebut.

  • Jangan menandatangani blanko formulir kosong. Pastikan Anda telah memahami setiap informasi yang perlu dilengkapi sebelum menandatangani setiap blanko formulir transaksi.
  • Pastikan Anda telah mengetahui dan memahami syarat dan ketentuan yang berlaku untuk setiap produk dan layanan Pakaidonk

SIM Swap adalah penggantian SIM card ponsel melalui operator seluler secara ilegal oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, dengan tujuan memperoleh akses transaksi Pakaidonk Anda seperti menerima OTP (One-Time Password) atas suatu transaksi online yang tidak Anda lakukan.

Berikut cara untuk Menghindari SIM Swap:

  1. Tidak mempublikasikan nomor ponsel di media sosial atau gunakanlah nomor ponsel yang berbeda untuk aktivitas perbankan Anda.
  2. Berhati-hatilah saat Anda memberikan data pribadi (tanggal lahir, nomor ponsel) kepada pihak lain.
  3. Segera hubungi operator seluler Anda ketika layanan komunikasi melalui ponsel tidak berfungsi, seperti tidak melakukan / menerima panggilan maupun SMS.
  4. Segera hubungi Call Center Pakaidonk jika menemukan indikasi / memperoleh informasi bahwa Anda menjadi korban SIM Swap.

Pastikan akurasi informasi pribadi Anda, Informasikan kepada pihak Pakaidonk setiap kali terjadi perubahan data pribadi Anda dilengkapi dengan dokumen pendukung yang diperlukan. Data-data tersebut termasuk namun tidak terbatas pada:

  • Alamat email
  • Nomor telepon
  • Kartu identitas (KTP)
  • Nomor NPWP

Cara menjaga Security Code Anda:

  • Ingatlah Security Code Anda dan hindari mencatat nomor Security Code Anda.
  • Hindari penggunaan nomor-nomor yang mudah ditebak orang lain sebagai nomor Security Code Anda seperti tanggal lahir, nomor telepon, dsb.
  • Rahasiakan Security Code Anda kepada orang lain, termasuk kepada seseorang yang mengaku dari pihak Pakaidonk atau pihak yang berwajib.
  • Ganti Security Code secara berkala.
  • Pastikan tidak ada orang yang melihat Anda memasukkan Security Code Anda.

Jika membutuhkan bantuan bisa langsung chat di menu bantuan pada aplikasi Pakaidonk atau email ke cs.pakaidonk.id

Hati-hati dengan Phishing, Email phishing terlihat seakan-akan berasal dari perusahaan yang sah. Mereka memperingatkan Anda tentang adanya masalah yang harus cepat diselesaikan mengenai akun Anda dan memancing Anda untuk mengklik link yang menghubungkan Anda kepada situs yang palsu. Ingatlah bahwa perusahaan yang sah tidak akan meminta informasi pribadi Anda melalui email.

Tanda-tanda lain yang mengindikasikan email penipuan:

  • Adanya sapaan yang umum seperti “Dear user” dan/atau informasi lain yang tidak ditujukan secara khusus untuk Anda di dalam isi email tersebut.
  • Gambar logo perusahaan yang terlihat aneh (terdistorsi atau terlalu melebar ke samping).
  • Link di email tidak sesuai dengan URL dari situs yang sah.
  • Terdapat lampiran yang dapat meluncurkan virus atau spyware di komputer Anda.

Modus penipuan melalui telepon antara lain :

  • Jangan pernah memberikan informasi pribadi melalui telepon kecuali Andalah yang melakukan panggilan. Berhati-hatilah atas hal-hal di bawah ini:
  • Pesan otomatis dengan permintaan mendesak untuk memverifikasi akun Anda.
  • Voicemails yang meminta Anda untuk menelepon nomor dengan kode internasional lainnya. Anda akan mendapat tagihan telepon yang mahal.
  • Untuk mendapatkan hadiah lotere atau hadiah lainnya, Anda diminta untuk menelepon kode dua digit diawali atau diakhiri dengan tanda “#” atau “*” (contoh: *79 or 72#). Ini merupakan penipuan call-forwarding.
  • Staf Pakaidonk tidak akan pernah menanyakan password Anda.

Phishing Websites, Email penipuan (phishing) dapat mengarahkan Anda ke situs yang sangat meyakinkan. Perhatikan tanda-tanda berikut ini:

  • Situs mengancam akan menutup akun Anda jika Anda tidak memverifikasi informasi pribadi Anda.
    Website mengeluarkan pesan error dan meminta anda untuk log in.
  • URL tidak benar. Contohnya. Anda melihat www.Pakaidonk.com dan bukan alamat yang benar yaitu www.Pakaidonk.id.
  • URL bisa juga berisi angka (seperti alamat IP) atau tanda “@”.
  • Lokasi ikon gembok tidak berada pada tempat yang seharusnya. Ikon tersebut harusnya ada di status bar di sebelah kanan bawah dan bukan di dalam halaman situs.
  • Jika Anda double-click ikon kunci, Anda menerima peringatan bahwa alamat website tidak sesuai dengan security certificate.
  • Gambar logo terdistorsi atau tampak terlalu melebar ke samping, yang menunjukkan bahwa logo tersebut telah disalin.
  • Terdapat kesalahan tata bahasa dan pengejaan. Jika terdapat nomor telepon pada situs palsu tersebut, nomor tersebut tidak sesuai dengan nomor telepon pada akun Anda.

Mobile Malware atau Mobile Malicious Software merupakan perangkat lunak berbahaya yang menyerang perangkat mobile Anda seperti smartphone maupun tablet dengan tujuan untuk merusak sistem operasi atau aplikasi dan/atau mencuri data pribadi maupun data perbankan anda. Demi keamanan transaksi perbankan dengan perangkat mobile Anda lakukanlah hal-hal sebagai berikut :

  • pastikan instalasi anti-virus/anti-malware yang handal pada perangkat anda (jika perangkat anda belum dilengkapi anti-virus/anti-malware) dan mengkinikan secara reguler anti-virus/anti-malware maupun perangkat lunak mobile endpoint protection lainnya;
  • Hanya melakukan instalasi perangkat lunak mobile dari apps store resmi
  • Tidak melakukan instalasi perangkat lunak yang mencurigakan dan meminta izin akses yang berlebihan;
  • Tidak melakukan jailbreaking* atau rooting* pada perangkat mobile Anda. Jailbreaking atau Rooting adalah suatu modifikasi pada sistem operasi perangkat mobile iOS (Jailbreaking) atau Android (Rooting) yang bertujuan untuk memperoleh akses penuh terhadap sistem operasi, dimana hal ini dapat menyebabkan perangkat mobile menjadi lebih rentan dari bahaya Mobile Malware